Tipografi dalam After Effect


Tipografi adalah karya seni berhubungan dengan aturan-aturan dalam penggunaan huruf. Fungsi dari tipografi adalah agar setiap maksud dan arti tulisan tersampaikan dengan baik secara visual kepada pembaca. Pada tipografi tidak terbatas pada pemilihan jenis huruf, kesesuaian dengan tema, ukuran huruf, latar belakang huruf, dekorasi huruf, tetapi juga sangat memperhatikan tata letak huruf.Pemanfaatan tipografi dapat dilihat pada koran, majalah, desain grafis, poster, dan lain-lain.

Setiap huruf dalam alfabet memiliki karakteristik tersendiri, sehingga menyebabkan teman-teman  bisa membedakan antara huruf 'a','b','c', dan huruf lainnya. Kita dapat melihat perbedaan setiap huruf, sehingga kita dapat membedakannya. Berdasarkan analisis dan evaluasi, setiap gambar dapat dibedakan satu dengan yang lainnya. Mengenal atau membaca dan menganalisis gambar dapat dilakukan dengan mengenal adanya kontras antara ruang posistif yang disebut figure dan ruang negatif yang disebut ground.

Pemilihan jenis huruf sangat mempengaruhi karakter produk yang dipasarkan. Misalkan untuk produk laki-laki jenis huruf yang ditampilkan akan cenderung lebih keras dan kuat. Tipografi akan menghidupkan teks, memperindahnya, dan mempengaruhi pengguna untuk membaca keseluruhan isi teks tersebut. Pemilihan typeface teks akan sangat berpengaruh terhadap pembaca. Tentu, ketika mempersembahkan produk parfum wanita mengunakan tulisan yang kaku dan kasar, akan sangat tidak menarik bagi pembacanya.

Perbedaan antara font dan typeface yaitu lebih kepada sebuah tempat penyimpanan dan karakter atau gambaran karya seni tulisan. Typeface adalah bentuk karakter tulisan, sementara font adalah sebuah media yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan karakter typeface. Jadi sudah sangat jelas perbedaan antara font dan typeface.

Tipografi juga dapat digunakan di berbagai media salah satunya animasi. Untuk membuat typografi yang baik harus diperhatikan tata letak, jenis huruf, ukuran huruf, dan lain-lain, sehingga pembaca tertarik dan tidak bosan meilihatnya. Dalam after effect terdapat berbagai macam efek dan presets yang dapat digunakan untuk menganimasikan huruf, sehingga sangat dimungkinkan pembuatan animasi tipografi di after effect.

Teknik animasi tulisan dalam after effect lebih dikenal dengan kinetik tipografi. Banyak sekali contoh-contoh kinetik tipografi yang beredar di internet, sehingga teman-teman dapat mencarinya, mempelajarinya, menirunya, dan membuat desain teman-teman sendiri. Berikut salah satu contoh kinetik tipografi dari sayadodo.blogspot.com.





Temen - Temen Dapat Melihat Tutorial Belajar Tipografi Dasar di sini yaa..


Tutorial Tipografi After Effect Keren Tanpa Menggunakan Plug-in

Belajar Tipografi After Effects Menggunakan Horizontal Type Tool Dasar 1

loading...

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Tipografi dalam After Effect"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. nuhun mang ,tong hilap jalan jalan ka www.carakuy.id

    ReplyDelete