Tutorial After Effect, Cara Membuat Gradien



Tutorial after effect kali ini saya akan membahas tentang cara membuat gradien tanpa menggunakan plugin dengan perangkat lunak Adobe After Effect. Tutorial after effect, cara membuat gradien ini menggunakan Adobe After Effect CS4 dan tanpa menggunakan plugin apapun, sehingga teman-teman hanya membutuhkan softwarenya saja tanpa harus instal aplikasi pihak ketiga. Oh iya, apakah teman-teman sudah tahu apa itu adobe after effect?


Adobe After effect adalah...


Adobe After Effect adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan Compositing. Compositing adalah penggabungan dari berbagai macam media visual, sehingga terlihat sebagai suatu kesatuan objek visual. Dalam tutorial after effect kali ini tidakmembahas secara terperinci tentang composite. Proses Composite dilakukan dengan menggunakan tools. Selain After Effect, tools yang digunakan untuk membuat Composite  antara lain Adobe Flash, Blender, dan lain-lain.


Adobe After Effect tidak hanya berfungsi untuk menggabungkan beberapa media visual saja, tetapi dapat digunakan untuk melakukan video editing, animasi, dan proses pemberian spesial efek. Untuk pengenalan video editing, animasi, dan spesial effect akan dibahas pada tutorial after effect berikutnya. Compositing dalam after effect merupakan penggantian bagian tertentu pada gambar dengan gambar lain yang diingkan dalam kehidupan sekarang lebih dikenal dengan sebutan teknologi layar hijau atau green screen dan VFX. Baca : Pengertian After Effect : Create Incredible Motion Grapich and Visual Effects.


Sekilas tentang tutorial after effect


Teknologi layar hijau atau green screen pada adobe after effect berfungsi untuk menggabungkan dua gambar atau video secara bersamaan dengan kata kunci warna tertentu yang digunakan. Layar berwarna hijau digunakan karena dalam tubuh manusia tidak ada unsur warna hijau. Adobe after effect mampu mendukung kegiatan tersebut. Tahap belajar After Effect dapat digunakan untuk melakukan animasi dengan spesial effect tertentu.



Selain menggunakan teknologi green screen after effect dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana sampai profesional dan motion grapich. Dalam pembuatan motion grapich dibutuhkan sebuah background atau warna dasar dari motian yang akan dibuat. Warna dasar dalam pembuatan sebuah projek motion grapich atau animasi dapat berupa sebuah gambar, warna solid, atau gradien.

Dalam tutorial after effect cs4 kali ini akan membahas bagaimana proses pembuatan gradien dengan menggunakan perangkat lunak Adobe After Effect. Gradien warna atau gradasi adalah tingkat perubahan suatu keadaan ke keadaan lainnya dengan perubahan warna yang terjadi apabila 2 buah warna digabungkan pada objek yang sama dengan menghasilkan warna peralihan yang sangat halus.

Dengan menghasilkan warna yang sangat halus inilah banyak yang menggunakan gradien sebagai warna dasar atau background dari setiap karyanya. Warna gradien dapat dihasilkan dari gabungan beberapa warna sekaligus dengan tingkat yang dapat ditentukan oleh pembuat. Dengan menggunakan warna gradien membuat hasil karya lebih tampak hidup dan asli. Pada umumnya gradasi warna dapat dibuat dari warna gelap ke terang atau sebaliknya dari terang ke gelap.


Tutorial after effect, membuat gradien tanpa plugin


Berikut tutorial after effect cs4 untuk membuat warna gradien di perangkat lunak Adobe After Effect:

  • Langkah pertama tutorial after effect kali ini adalah dengan membuka perangkat lunak Adobe After Effect yang telah terinstall dalam PC atau Notebook. Apabila belum terinstall perangkat lunak Adobe After Effect, maka install dahulu perangkat lunaknya. Perangkat lunak dapat di beli di situs resminya di Adobe. Untuk membuka Perangkat Lunak After Effect pilih Tombol Start.
membuka start adobe after effect
  • Kemudian cari perangkat lunak Adobe After Effect. Lalu Klik perangkat lunak Adobe After Effect.
membuka program adobe after effect
  • Tunggu sampai proses boot perangkat lunak Adobe After Effect.
membuat gradien dengan adobe after effect
  • Setelah proses booting berhasil, akan tampil jendela dari perangkat lunak Adobe After Effect seperti berikut.
tutorial after effect membuat gradien
  • Untuk membuat suatu projek dalam Adobe After effect dibutuhkan sebuah composition yang berfungsi sebagai tempat untuk menggabungkan berbagai macam objek visual yang akan dijadikan sebuah projek. Untuk keterangan tentang Composition dapat dibaca diatas. Untuk membuat Composition terdapat dua cara yang berbeda. Cara Pertama, setelah membuka perangkat lunak Adobe After Effect dapat jendela pop up, dima terlihat projek terakir yang kita kerjakan dan dibagian kiri bawah terdapat beberapa menu yang dapat digunakan untuk membuat Composition. Pilih New Composition.
tutorial after effect membuat gradien dengan adobe after effect
  • Cara kedua pilih Close pada pop up.
tutorial after effect membuat gradien keluar program after effect
  • Pada pilihan menu pilih Composition.
tutorial after effect membuat gradien langkah membuat composition
  • Pilih New Composition. Langkah ini digunakan untuk membuat Composition baru atau shortcut keyboard Ctrl+N.
tutorial after effect membuat composition baru
  • Kemudian muncul Jendela pengaturan Composition. Terdapat beberapa menu pengaturan yang terdapat pada jendela ini. 
tutorial after effect mengatur composition
  • Composition Name adalah nama yang dipakai untuk composition. 
  • Preset adalah suatu tipe pengaturan yang digunakan untuk mengatur kualitas tampilan composition. Terdapat banyak pilihan kualitas tampilan antara lain PAL, NTSC, HDTV, DVD, atau Web.  
tutorial after effect mengatur kamera after effect
  • Width dan Height adalah bagian yang mengatur lebar dan tinggi suatu Composition. Apabila lock aspec ration dicentang, maka ukuran akan terkunci dengan rasio yang ditentukan pada pemilihan preset. 
  • Pixel aspek rasio adalah pengaturan kualitas gambar atau pixel pada tampilan Composition.  
tutorial after effect mengatur rasio gambar after effect
  • Resolution adalah bagian untuk mengatur lebar dan tinggi composition. Full berarti ukuran penuh dari width dan height yang diatur. Half berarti separuh dari ukuran penuh width dan height yang diatur. Third berarti sepertiga dari ukuran penuh dari width dan height yang diatur. Quarter berarti seperempat dari ukuran penuh dari width dan height yang diatur. 
tutorial after effect mengatur resolusi gambar
  • Start Timecode dan Duration adalah tempat untuk mengatur dimulainya animasi atau motion dan berapa lama durasi atau waktu dari animasi atau motion.
tutorial after effect mengatur durasi
  • Setelah setting selesai akan tampil jendela composition seperti berikut. Gambar Composition adalah yang berwarna hitam pada gambar. Sedangkan dibawahnya dalah timeline untuk mengatur pergerakan dari objek.
tutorial after effect mengatur background
  • Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah warna solid denga cara Klik Kanan pada bagian detil effect pada timeline.
tutorial after effect mengatur timeline after effect
  • Kemudian pilih New.
tutorial after effect memasukkan file
  • Lalu pilih Solid. Untuk menambahkan warna solid kedalam composition.
tutorial after effect memasukkan warna solid
  • Kemudian akan muncul jendela pengetaruan warna. Pada dasarnya pengaturan lebar dan tinggi telah menyesuaikan dengan compositionnya. Name untuk memberikan nama pada layer solid agar dapat memudahkan dalam pencarian. Tetapi apabila ingin mengganti ukuran dapat dilakukan dengan mengganti Width dan Height. Units digunakan untuk mengatur satuan yang dipakai dalam pengaturan ukuran.
tutorial after effect mengatur warna solid
  • Kemudian pilih pengaturan warna, dengan cara klik Color. Pilih warna yang sesuai. Kemudian Klik OK.
tutorial after effect memberi warna solid
  • Kemudian warna akan muncul di bagian Composition. Disini warna hanya satu karena pada solid hanya terdapat 1 warna dan untuk membuat gradien membutuhkan beberapa warna. Kemudian tambahkan lagi warna agar gradien dapat terbentuk. Dengan cara yang sama. Klik Kanan pada bagian detil efek pada timeline. Lalu pilih New > Solid seperti membuat solid pada langkah pertama.  
tutorial after effect memasukkan warna gradien
  • Pilih warna yang akan disesuaikan dengan gradiennya. Dapat dibuat sebuah gradien dengan warna gelap ke terang atau terang ke gelap. Disini akan dipilih warna yang lebih terang dari sebelumnya.
tutorial after effect mengganti warna gradien
  • Warna solid yang terakir akan tampil pada bagian atas. Hal itu disebabkan karena layer solid 2 berada diatas dari layer solid 1 sehingga yang terlihat pada Composition adalah layer solid 2.
tutorial after effect letak layer after effect
  • Pastikan seleksi layer berada pada bagian atas atau solid 2 karena berada di layer paling atas. Lalu pada menu tool buat sebuah Klik elipse tool. 
tutorial after effect membuat masking
  • Buatlah lingkaran berada diatas Composition. Sesuaikan bentuk lingkaran yang nantinya akan menjadi gradien dari warna yang diinginkan. Untuk mengatur lebar dan tinggi tinggal melakukan drag tetapi untuk memindah objek lingkaran tekan spasi pada saat melakukan drag. Apabila telah dilepas drag mouse, maka objek lingkaran tidak dapat dirubah lagi. Langkah tersebut akan secara otomatis menambah fungsi mask pada layer yang diseleksi.
tutorial after effect membuat masking gradien
  •  Kemudian hilangkan line lingkaran dengan Klik toggle mask.
tutorial after effect menghilangkan line mask
  • Kemudian tampilan akan berubah seperti berikut. Lalu pada bagian layer terdapat tambahan fungsi mask. Klik pada bagaian segitiga disamping tulisan mask pada layer yang diseleksi.
tutorial after effect memberi feather
  • Kemudian akan tampil tulisan seperti berikut Mask Path, Mask Feather, Mask Opacity. Untuk membuat gradien dibutuhkan pengubahan dari mask feather. Ganti ukuran dari mask feather dapat dilakukan dengan drag kearah kanan atau mengubah angka secara manual.
tutorial after effect merubah ukuran feather
  • Hasil dari proses tersebut akan tampil seperti gambar dibawah ini.
tutorial after effect membuat gradien dari adobe after effect

Sekian tutorial after effect bahasa Indonesia kali ini. Semoga bermanfaat.
loading...

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tutorial After Effect, Cara Membuat Gradien"