Media Pembelajaran Interaktif - Membuat Tombol Adobe Flash

Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk membantu seorang pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada pembelajar atau peserta didik. Media pembelajaran interaktif dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan pada peserta didik, sehingga diharapkan peserta didik mampu untuk lebih berkonsentrasi dalam melakukan proses belajar.


Adobe flash merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat sebuah media interaktif. Dalam membuat sebuah media pembelajaran yang interaktif diperlukan proses yang panjang dan dilakukan secara terus menerus untuk semakin meningkatkan kemahiran dalam membuat media tersebut.


Alangkah baiknya teman - teman sebelum membuat media interaktif membuat tombol di adobe flash, temen - temen harus mempelajari dulu dasar dari adobe flash itu sendiri serta pengertian dari media interaktif itu sendiri. Temen - temen dapat request materi tentang membuat media interaktif atau tentang tutorial adobe flash dengan actionscript 2.0 ataupun actionscript 3.0.


Apabila temen - temen sudah mahir dalam mebuat media interaktif dengan menggunakan adobe flash temen - temen dapat mengunjungi channel youtube saya di Tutorial Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Flash. Disana tidak hanya membuat media interaktif membuat tombol dengan adobe flash saja, tetap juga lainnya. Okey langsung saja ke tutorialnya ya.



Tutorial membuat tombol interaktif untuk Media Pembelajaran dengan adobe flash:

Contoh Hasil dari Membuat Tombol untuk Media Pembelajaran dengan Adobe Flash CS3

Hasil yang akan kita buat adalah seperti gambar di bawah ini




Langkah - langkah membuat tombol untuk Media Pembelajaran Interaktif

Saya membagi dua buah langkah utama yang harus di lalui. Pertama yaitu membuat alas atau bagian bawah dari tombol, kedua membuat tombol utama yang berada di atas alas.


Membuat Alas Tombol untuk Media Pembelajaran Flash Interaktif

Pertama, temen - temen membuat lembar kerja baru atau scene baru di Adobe Flash. Setelah membuat scene baru temen - temen dapat menentukan ukuran scene sesuai dengan yang diinginkan.



Kedua, temen - temen membuat sebuah kotak dengan menggunakan primitive tools. Letak primitive tools pada adobe flash terdapat pada tempat berikut.




Ketiga, pilih outline dan warna dari tombol yang akan dibuat. Warna dan outline memiliki bayak variasi warna yang disediakan oleh adobe flash.




Buatlah sebuah rectangle yang telah diberi warna dengan cara melakukan drag pada scene atau lembar kerja dari Adobe Flash CS3.



Selanjutnya adalah melakukan pengaturan terhadap point yang terdapat pada setiap tepi dari objek yang dibuat. Setiap penarikan point berfungsi untuk mengatur setiap sisi lengkung dari objek. Tarik pada bagian tepi sehingga tampilan kotak akan melengkung pada bagian tepi.



Selanjutnya copy objek yang telah dibuat tadi. Setelah itu paste pada bagian lain di dalam scene. Lalu ganti warna dengan warna yang lebih terang. Karena untuk membuat efek shadow pada tombol.



Selanjutnya pindah hasil copyan ke atas tombol yang berwarna lebih gelap. Seperti gambar dibawah ini.



Setelah itu blok kedua objek tersebut lalu kita copy atau duplikat kemudian paste di tempat lain dalam satu scene.




Membuat Tombol Utama untuk Media Pembelajaran Flash Interaktif

Selanjutnya blok salah satu objek lalu setelah itu perkcil ukuran dari objek yang lainnya. Kemudian ubah warna keduanya sesuai keinginan, yang berada di bagian atas diubah menjadi lebih terang daripada yang berada di bawah untuk memberikan efek bayangan pada tombol.



Copy bagian atas lalu paste 2 kali. Setelah itu drag salah satu objek dan tempatkan di bagian atas dari objek sebelumnya, ubah tempatnya menjadi agak berada di atas. Kemudian ubah warna menjdadi lebih muda.




Kemudian letakkan objek lain berada di atas dari objek yg telah dirubah warnanya tadi.



Setelah selesai langkah yang diatas kemudian blok objek yg telah dibuat kemudian letakkan objek diatas objek yang telah diconvert sebelumnya. Lalu blok semua objek lalu convert menjadi button. Klik kanan pada hasil blok kemudian pilih convert to lalu pilih button, lalu tekan OK.



Nah proses pembuatan tombol sudah selesai. Pada postingan berikutnya akan membahas tentang bagaimana cara membuat Link antar halaman dalam satu buah file swf di Media Pembelajaran interaktif. Teman - teman juga dapat memesan media pembelajaran di sini juga looo. Pesan Media Pembelajaran Berbasis Flash dengan actionscript 2.0 atau actionscript 3.0.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Media Pembelajaran Interaktif - Membuat Tombol Adobe Flash"

Post a Comment